ESSAI : Membangkitkan spirit peneliti muda dalam melestarikan budaya dan seni Indonesia

Membangkitkan spirit peneliti muda dalam melestarikan budaya dan seni Indonesia
 oleh Amallia Istikhomah (peserta lomba esai ukmf limlarts 2013)
Indonesia memiliki bermacam budaya dan seni yang perlu kita lestarikan. Budaya daerah adalah suatu sistem atau cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah daerah dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya daerah terbentuk dari berbagai unsur, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaianbangunan, dan karya seni serta bahasa. Sebagai suatu negara yang berbudaya, Indonesia memiliki ciri yang bisa membedakannya dengan negara lainnya. Budaya setiap daerah tentu berbeda. Biasanya tergantung daridaerahitusendiri.Sebagaicontohdariadanyakebudayaan di Indonesia diantaranyasepertikesenian batik, kesenian Reog, dankesenian di bidangtari-tarian.Kebudayaantersebutsangatkhasdanterkenal di Indonesia.Bangsa yang majuadalahbangsa yang menghargai danbanggaakankebudayaannyasendiri.Sejaknenekmonyanghinggasekarangpastiadat yang dimilikidaerahituhampirsamadenganjamandulu, hanyasaja di jamansekarangsudahadateknologi yang semakin canggih. Sebagai generasi muda dan berbudaya kita hendaknya melestarikannya dengan tetap menjalani aturan sesuai budaya yang ada. Selain itu kita harus sadar betapa pentingnya budaya itu, jika tidak ada budaya apa jadinya negara kita ini.
Saatini,perkembanganbudayabersamaandenganberkembangpesatnyaduniateknologi yang sangatcepat.Perkembanganinimendorongbanyak orang untuksalingberhubungandenganmudahdancepatmisalnyadengan orang asing yang tentumemilikibudaya yang berbedadenganbudayakita.Penggunateknologi paling banyak di Indonesia adalahdarikalanganremajasehinggasecaratidaklangsungterdapatpengaruh-pengaruh  yangditimbulkanolehteknologitersebutterhadapbudayakita. Anakmudasekarangmudahterpengaruhdenganbudaya yang dimilikinegara lain. Dinilaidarisegiberpakaian yang cendorongmeniruadatorangbarat.Iniperlumenjadipertimbanganbagikitasebagai orang timur yang menjunjungadatbudayanilai-nilaiPancasila.
Sebagaigenerasimudatentunyabanyakhal yang dapatkitalakukanmulaisekarang.Pemudamerupakanharapanmasadepan yang bisamenjadipemimpin di masadepan, makadariitunasibsuatubangsatergantungdarigenerasimuda yang ada. Jikagenerasimudamemilikisemangat yang kuatuntukmemajukanbudayadansenidaerah yang didasaridenganakhlakmuliadaniman,makabangsakitaakanmenjadibangsa yang besardanbisadihargaiolehnegara lain. Namunapa yang terjadipadapemudasaatini, sungguhmemprihatinkan. Rasa kecintaandan rasa keinginan yang dimilikiolehgenerasimudauntukmemajukanbudayadaerah yang merupakanwarisanleluhurmulaimenurun.Merekalebihtertarikdenganbudayaluar.Merekalebihsukamengikutibudaya modern yang kebarat-baratandaripadabudayadaerah yang lebihberadatdanberadab.
Pemudamemilikiperan yang sangatpentingdalammemajukanbudayadaerah.Apabilapemudasudahtidaklagipeduliterhadapbudayadaerahnyamakabudayatersebutakanmati. Namunjikapemudanyamemilikikecintaandanmauikutsertadalammelestarikanbudayadaerahnyabudayatersebutakantetapadadisetiapgenerasi. Kita jugaharusberperandalammemajukanbudayadaerahsehinggabudayaasing yang masukkedaerahtidakmerusakataumematikanbudayatersebut.Besarnyapengaruhbudayaasingterhadapbudayadaerahini yang membuatparapemuda yang peduliterhadapbudayadaerahnyaharusbekerjakerasdanmenyaringsetiapbudaya yang masukkedaerah.Jangansampailengah,bahkanmalahmengikutibudaya yang bertentangandenganbudayadaerahnya.Kita harussadarbetapapentingnyabudayadanseni yang ada di Indonesia,karenamelestarikansuatubudayalebihsulitdaripadamembuatbudaya yang baru. Sulituntukmempelajaribudayadansenidaerahnyasendiri.Sebagaicontohsekaranginibanyak orang yang hafallagu-lagubaratdaripadalagudaerah.Bukanhanyalagudaerah,namunlagukebangsaanseperti “Indonesia Raya” ataulagukebangsaan lain banyak yang tidakhafal. Sungguhmemprihatinkan, pemuda yang seharusnyamenjadiacuan di masadatangtidakbisamelestarikanbudayadanseni yang dimiliki.Lalubagaimanadengangenerasiberikutnyakalausajagenerasisekarangtidakbisamelestarikan.Pastikebudayaandankesenian yang dimilikiakanmati. Peranpentingparapemudauntukmenyelamatkansertamelestarikanbudayadaerah yang sudahditinggalkanolehmasyarakatsangatpenting. Kesadaranuntukmelestarikanbudayadansenidaerahinimemangharusdimulaisejakdini,terutamakitasebagaigenerasimuda.Makadariitu,kebudayaan yang adasangatperludilestarikandandikembangkanolehgenerasimudasaatini, agar kekayaankebudayaan yang dimiliki Indonesia selaluterlihatdandipandangolehnegaralainbahwabetapabanyaknyakesenianbudaya yang telahdilestarikandandibudayakanolehbangsakita.
Banyakhal yang dapatdilakukansebagaiapresiasi rasa cintapadabudayadanseni.Berbagaiaktifitasdalamupayapelestariankebudayaandansenimulaimunculdariberbagaikalangan.Cara melestarikanbudayabermacam-macambaiksecaralangsungmaupunsecaratidaklangsung. Kota Yogyakarta merupakansalahsatukotabudaya yang mempunyaiberagambudayadantradisi. Di kota Yogyakarta sudahmembudayakanbeberapatradisi yang saatinimasihdilakukan. Salah satunyaadalahmelaluijalurpendidikanpadausiadini, beberapasekolahdasar di kota Yogyakarta setiapharijumatdiwajibkanmemakai batik. Hal inimerupakanwujudcintabudayadalamrangkamelestarikanbudaya Indonesia.
Marilahkitasebagaigenerasimudaharustetapsemangatmelestarikanbudayadanseni yang dimilikibangsakita.Kita galipotensidanbakatseni yang kitapunya.Kita patutbanggamenjadiwarganegara Indonesia yang mempunyaibanyakkeanekaragamanbudayadanseni.Karenakeanekaragamantersebutlah Indonesia menjadidayatarikbangsalain di belahandunia, merekainginmengetahuinyabahkanjugamempelajarinya. Olehkarenaitujangansampaibudaya yang dimilikiinihilangdandicuriolehbangsa lain. Sudahbanyakkasusbahwabudayakitabanyak yang dicurikarenaketidakpedulianparagenerasipenerusdaninimerupakanpelajaranberhargakarenakebudayaanbangsa Indonesia adalahharta yang memilikinilaicukuptinggidimatamasyarakatdunia.


Comments

Popular posts from this blog

ESSAI : Krisis Moral :Dunia Pendidikan sebagai Ujung Tombak Character Building dalam Menemukan Jati Diri Bangsa

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA POSTER ILMIAH NASIONAL #3 2019

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA POSTER ILMIAH NASIONAL #4 2020 (DARING)