ESSAI : UNIT KEGIATAN MAHASISWA BIDANG PENELLITIAN SEBAGAI WADAH MERAJUT PRESTASI INDONESIA

UNIT KEGIATAN MAHASISWA BIDANG PENELLITIAN SEBAGAI WADAH MERAJUT PRESTASI INDONESIA
oleh Ridha Rohmah Sari
(Staf UKMF LIMLARTS) 
            Dalam Asia Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) ke-2 pada 13-20 Mei di Palembang, Sumatera Selatan, diikuti 79 peserta dari 9 negara, TIM peneliti muda Indonesia mencapai prestasi yang luar biasa, diantaranya: Putrie Rizki (SMA Sumsel Palembang), mempresentasikan kemampuan sampah kulit pisang mengakitifkan karbon yang bisa membersihkan zat ammonia dalam air sungai yang tercemar. Dionisius Hardjo Lukito (SMA Kanisius Jakarta) meraih medali emas di bidang fisika dengan penelitian berjudul Integrated Thermoelectric Generator, yang menjelaskan tentang cara mengonversi energi panas matahari menjadi energi listrik menggunakan Integrated Thermoelectric, sebuah alat yang ia ciptakan sendiri. Natasha Kristie (SMA Cita Hati surabaya) meraih medali emas dari hasil pemaparannya tentang kegunaan daun putri malu yang mampu menjadi penangkal bakteri E-coli pembuat diare.
            Paragraf di atas bersumber dari KOMPAS.com yang ditulis oleh Ester Lince Napitupulu.
            Penelitian merupakan suatu usaha untuk memecahkan masalah. Dengan penelitian, berbagai solusi untuk memecahkan masalah dapat ditemukan. Para peneliti IPA misalnya, telah menghasilkan banyak teori dan peralatan medis yang sangat membantu dunia kesehatan. Para peneliti bahasa banyak menghasilkan teori kebahasaan yang memudahkan generasi penerus dalam belajar bahasa. Penelitian di bidang teknologi banyak menghasilkan karya teknologi yang memudahkan dan memodernisasikan kehidupan manusia.
Penelitian merupakan salah satu media untuk mengubah ide gila menjadi kenyataan. Banyak sekali contoh dalam kasus ini, salah satunya, telepon tanpa kabel yang sering disebut HP atau Handphone. Dahulu, orang mengira bahwa berkomunikasi dengan telepon tanpa menggunakan kabel adalah hal yang mustahil. Namun kemustahilan tersebut terpecahkan oleh Martin Cooper tahun 1973. Handphone bahkan tidak hanya sebagai alat berbicara dan mengirim pesan, di jaman sekarang, HP juga bisa digunakan untuk memutar musik, menonton video atau televisi juga sebagai radio.
Keberadaan penelitian sangatlah penting, terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa. Penelitian melatih individu dan/atau kelompok untuk berpikir dan bertindak menyelesaikan masalah, juga memicu kreativitas dan tanggung jawab, serta kemandirian dan kerja keras. Di dalam penelitian juga terkandung nilai ketelitian, keuletan, dan kedisiplinan yang akan mempengaruhi karakter individu peneliti. Selain itu, penelitian juga telah terbukti sebagai pengantar anak bangsa dalam mencapai prestasi di kancah internasional.
Dalam belajar penelitian maupun belajar menjadi peneliti, individu membutuhkan tempat yang sesuai. Siswa sekolah menengah misalnya, mereka belajar penelitian di sekolah, dibina oleh guru pengampu mata pelajaran yang berkaitan dan difasilitasi oleh sekolah. Wadah para peneliti muda sekolah menengah bisa berbentuk kegiatan ekstrakurikuler. Bagi para mahasiswa, turut aktif  berpartisipasi dalam unit kegiatan mahasiswa bidang penelitian merupakan salah satu pilihan.
Di dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang penelitian terkandung organisasi mahasiswa yang berisi individu-individu dengan minat dan niat berkecimbung dalam dunia penelitian. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang penelitian mengarahkan individu dan/atau kelompok untuk berpikir secara kreatif dalam menyelesaikan masalah, mencari jalan keluar atau solusi dari berbagai masalah, dan memikirkan masalah yang mungkin tidak terpikirkan oleh orang lain. Melalui berpikir kreatif memecahkan masalah inilah muncul berbagai ide untuk menciptakan karya baru atau pun inovasi baru dari karya yang sudah ada. Ide-ide tersebut kemudian dilanjutkan dengan action atau tindakan yang disebut proses penelitian atau tindakan penelitian yang akhirnya akan menghasilkan produk atau karya yang luar biasa yang tentunya menjawab permasalahan yang ingin dipecahkan. Dengan demikian, UKM bidang penelitian merupakan salah satu wadah bagi para mahasiswa untuk merajut prestasi melalui penelitian.

Daftar Pustaka
Napitupulu, Ester Lince. 2013. Peneliti Muda Indonesia Unjuk Prestasi. Diakses dari http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/19/16163787/Peneliti.Muda.Indonesia.Unjuk.Prestasi pada tanggal 10 Oktober 2013.
________. 2011. Biografi Martin Cooper-Penemu Handphone Pertama. Diakses dari http://kolom-biografi.blogspot.com/2011/01/biografi-martin-cooper-penemu-handphone.html pada tanggal 14 Oktober 2013.











Comments

Popular posts from this blog

ESSAI : Krisis Moral :Dunia Pendidikan sebagai Ujung Tombak Character Building dalam Menemukan Jati Diri Bangsa

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA POSTER ILMIAH NASIONAL #3 2019

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA POSTER ILMIAH NASIONAL #4 2020 (DARING)