PKM-K

 

PKM-Kewirausahaan

(PKM-K)

Definisi, urgensi dan tujuan

Kebutuhan pasar yang terus berubah dan berkembang mengharuskan setiap orang untuk beradaptasi. Mahasiswa sebagai actor intelektual harus bersikap kritis dengan permasalahan pasar yang ada. Analisis perlu dilakukan guna menciptakan kreativitas (komoditas) usaha dalam rangka menyediakan kebutuhan pasar tersebut. Melalui program PKM-K, mahasiswa memiliki kesempatan yang luas untuk meningkatkan kompetensinya dalam berkreasi dan berinovasi menciptakan produk baru, juga meningkatkan wawasan dan pengalamannya dalam berwirausaha

Ruang lingkup

Ruang lingkup PKM-K adalah kreativitas produk dan rencana wirausaha yang dapat berupa barang maupun jasa. Produk dari program PKM K lebih memprioritaskan solusi tantangan intelektual yang mendasari lahirnya komoditas usaha baru dan unik. Komoditas usaha yang diciptakan harus merupakan jelmaan penguasaan iptek oleh tim mahasiswa.

Mekanisme pelaksanaan

Program PKM-K dilaksanakan secara luring dalam suasana new normal atau luring. Proses analisis kebutuhan dan peluang pasar dapat menggunakan data sekunder atau data primer yang diperoleh dari survei. Kegiatan survei boleh memanfaatkan Google form, wawancara melalui media elektronik tanpa melakukan kontak fisik, wawancara secara langsung (fisik) dengan memperhatikan protokol kesehatan, dan sejenisnya.

Komoditas atau produk usaha PKM-K diwujudkan dalam bentuk fisik atau produk jadi dan dalam pembuatan produk maupun penjualan boleh bekerjasama dengan pihak ketiga (mitra). Desain/konsep produk atau strategi pemasaran tetap harus dibuat sendiri oleh tim mahasiswa.

Luaran

  1. Laporan kemajuan
  2. Laporan akhir
  3. Produk usaha

Benefit

  1. Sumber dana 
  2. Rekomendasi konversi SKS


Sumber gambar: Pinterest

Comments

Popular posts from this blog

ESSAI : Krisis Moral :Dunia Pendidikan sebagai Ujung Tombak Character Building dalam Menemukan Jati Diri Bangsa

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA POSTER ILMIAH NASIONAL #3 2019

Syarat dan Ketentuan Lomba Poster Ilmiah Nasional 5 2021