KELAS KEPOMPONG 2019



UKMF PENELITIAN LIMLARTS FBS UNY MEMPERSEMBAHKAN

KELAS KEPOMPONG


Nama Kegiatan: Kelas Kepompong
Program Kerja: PKIM
Tanggal Kegiatan: 09 Maret 2019
Tempat Kegiatan: Selasar Gedung Performance Stage FBS UNY

Apa itu Kelas Kepompong?
Kelas Kepompong sendiri adalah bagian dari ranah program kerja PKIM, dalam kegiatan Kelas Kepompong ini, panitia kegiatan akan mengenalkan sekaligus mengajarkan tentang dunia keilmiahan. Hal-hal yang bisa menjadi topik bisa banyak sekali, bisa tentang pengenalan PKM, sharing pengalaman lomba, tentang kepenulisan (bagaimana menulis essai ilmiah, apa itu essai ilmiah, abstrak), bisa juga tentang pengenalan dunia lomba essai ilmiah yang memang sudah menjadi ranahnya mahasiswa saat ini. 

Dalam edisi Kelas Kepompong tahun ini, panitia kegiatan yang berasal dari Departemen PKIM mengangkat tema kegiatan yaitu, "Sharing Pengalaman Lomba dan Pengenalan PKM". Kebetulan kegiatan ini diisi oleh Kaka- Kaka yang berasal dari Departemen Jaringan dan Departemen PKIM itu sendiri. Ada Ka Anis Safitri dari PBSI 2017 (paling kiri di foto kedua), Ka Ana dari PBJ 2017 (tengah foto kedua), dan Ka Annisa (paling kanan di foto kedua) dari Sasindo 2017. 

Sharing lomba yang dibawakan dari ketiga Kakak tersebut sungguh menarik. Kebetulan Kak Anis dan Kak Annisa mengikuti lomba yang sama, yang bertempat di Batam beberapa waktu lalu. Sementara Kak Ana dan kelompok lombanya bahkan bisa maju sampai kancah Internasional yang bertempat di negeri sebelah, Malaysia, tahun 2018 lalu. 

Diskusi berjalan dengan lancar. Ketika sharing lomba, banyak tema-teman LIMLARTS yang bertanya tentang hal-hal seperti bagaimana bisa ikut lomba, rahasia idenya apa, serta suka duka dari lomba di luar tempat sendiri itu bagaimana. Semuanya dijawab dengan semangat oleh Kaka-Kaka yang menjadi narasumber di depan saat itu. 

Pengenalan PKM
Lalu kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan PKM, yang mana di UNY, PKM menjadi hal yang wajib bila kalian sudah memasuki Semester 5 nanti. Kelebihan menjadi pengurus LIMLARTS adalah, kalian bisa mengenal PKM lebih awal dibandingkan teman - teman satu angkatan lainnya. Di sini dijelaskan tentang apa itu PKM secara garis besar, serta berbentuk seperti apa PKM itu sendiri. Setelah sesi pengenalan PKM selesai, kegiatan dilanjutkan menjadi dibentuknya kelompok-kelompok diskusi kecil dalam tiga kelompok yang setiap kelompok dibimbing langsung oleh Kakak-Kakak narasumber. 

Kelompok Diskusi Belajar
Dengan dibentuknya kelompok diskusi belajar kecil, diharapkan agar teman-teman LIMLARTS dapat aktif bertanya tanpa harus merasa malu bila bertanya di depan umum. Kelompok diskusi kecil ini dirasa sukses, karena setiap kelompok progres tanya jawab menjadi lebih menyenangkan, aktif, dan menarik. Dalam kelompok diskusi ini teman-teman dapat bertanya tentang lomba-lomba atau juga tentang PKM itu sendiri. Karena kebetulan ketiga narasumber kita sudah mengikuti PKM di tahun yang sebelumnya juga. 

Setelah sesi diskusi belajar selesai, tanpa diduga ternyata Bapak Ketua, yakni Sukarno menyiapkan sesi incidental mengenai pengenalan beasiswa yang bisa digunakan bagi teman-teman jika ada yang berminat untuk mengikuti beasiswa. Sesi diskusi tentang beasiswa ini berjalan cepat karena mengejar waktu yang sudah melewati rundown acara. 

Acara berakhir pada pukul 13.00 WIB, sebelum berakhir, acara ditutup dengan berfoto bersama bendera LIMLARTS (foto keempat). Alhamdulillah, kegiatan ini sampai akhir diikuti dengan semangat oleh teman-teman pengurus LIMLARTS yang datang. 

Comments

Popular posts from this blog

ESSAI : Krisis Moral :Dunia Pendidikan sebagai Ujung Tombak Character Building dalam Menemukan Jati Diri Bangsa

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA POSTER ILMIAH NASIONAL #3 2019

Syarat dan Ketentuan Lomba Poster Ilmiah Nasional 5 2021