Goresan Pena Limlarts (GPL) 2013

Goresan Pena Limlarts merupakan suatu program kerja dari Departemen PKIM yang sifatnya mengajak dan mewadahi seseorang untuk memperdalam ilmunya dalam dunia menulis. Kegiatan ini lebih terfokuskan pada penulisan karya ilmiah. Sedangkan karya ilmiah sendiri merupakan karya tulis yang isinya berusaha memaparkan suatu pembahasan secara ilmiah yang dilakukan oleh seorang penulis atau peneliti. Karya ilmiah biasanya ditulis untuk mencari jawaban mengenai sesuatu hal dan untuk membuktikan kebenaran tentang sesuatu yang terdapat dalam objek tulisan. Tujuan karya ilmiah yaitu sebagai wahana melatih diri dalam mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitian dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis, melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian, serta untuk menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa.
Dalam penulisan karya ilmiah kita membutuhkan logika. Secara singkat logika dapat disebut sebagai pola piker, penentuan kebenaran, sesuatu yang berhubungan dengan otak, atau penalaran. Secara umum logika ialah salah satu kemampuan manusia yang paling mendasar. Logika yang bagus yaitu, alasan yang dapat diterima secara logis atau beruntut. Elemen argumen yaitu:
a)    Asertior merupakan salah satu yang harus dipercayai. Contohnya : percaya bahwa matahari mengelilingi bumi.
b)    Reason merupakan  alasan-alasan yang logis dan dimasukkan/dikaitkan dengan teori-teori yang sudah didapat.
c)    Evidence merupakan bukti yang kualitatif dan kuantitatif.
d)    Link back merupakan  kesimpulan.
Selain logika, kita juga harus memikirkan latar belakang masalahnya. Latar belakang masalah berisi kata kunci, pembatasan masalah, dan solusi. Latar belakang masalah isinya yaitu, berupa masalah dan solusi. Untuk membuat latar belakang masalah harus ada:
a)    Urgensi, mencari/membuat suatu masalah untuk dibahas.
b)    Hal-hal yang pernah, sedang diupayakan untuk mencari bukti yang meyakinkan dan mengambil data yang benar-benar falid.
c)    Solusi,  untuk memecahkan suatu masalah yang sudah dibahas.
Sebenarnya ada banyak macam-macam karya ilmiah. Namun, secara khusus kegiatan “Goresan Pena Limlarts” ini lebih difokuskan kepada pembuatan PKM dan Essay. PKM adalah Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti guna memberi ruang untuk para Mahasiswa menunjukkan kreativitasnya. PKM itu sendiri terbagi menjadi beberapa macam yaitu :
1.    PKM Penelitian (PKMP)
2.    PKM Kewirausahaan (PKMK)
3.    PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM)
4.    PKM Penerapan Teknologi (PKMT)
5.    PKM Gagasan tertulis (PKM GT)
6.    PKM Artikel ilmiah (PKM AI)
Sebagian mahasiswa yang masih awam dalam membuat karya ilmiah sering kali dibingungkan bagaimana susunan karya ilmiah yang benar. Sebenarnya susunan karya ilmiah itu tergantung kepada jenis karya ilmiah yang dibuat. Namun secara umum, berikut susunan karya ilmiah :
1.    Latar Belakang
Merupakan diskripsi masalah, data awal yang mendukung adanya masalah dan akar timbulnya masalah. Mengapa dan apa yang mendorong peneliti memilih topik penelitian ini.
2.  Rumusan Masalah :
Dalam rumusan masalah biasanya berupa pertanyaan. Rumusan masalah juga membatasi masalah yang akan dipecahkan, sehingga alurnya jelas.
3.     Tujuan Penulisan/Penelitian
4.     Manfaat Penulisan/Penelitian
Berisikan elemen-elemen yang berguna bagi subjek-subjek tertentu.
5.      Tinjauan Pustaka
Merupakan paparan tentang kerangka acuan atau objek yang sudah digunakan dalam memecahkan masalah.
6.      Metodologi Penulisan :
Paparan mengenai apa yang dilakukan dalam suatu penelitian (langkah-langkah) yang dilakukan sebelum melakukan suatu penelitian dan dikemas dalam bagian metode penelitian.
7.    Hasil penelitian dan Pembahasan
Berisikan jawaban terhadap pertanyaan apa yang dikemukakan umumnya dalam bagian temuan atau hasil. Hasil-hasil penelitian harus mampu berfungsi sebagai alat pembuktian.
8.    Kesimpulan dan saran
Kesimpulan sebagai pernyataan singkat yang mengungkapkan hasil penyelidikan secara menyeluruh. Sedangkan saran sebagai pernyataan yang bertujuan untuk penyempurnaan hasil akhir penyelidikan.
Selain itu terdapat karya ilmiah lain yang dibahas pada kegiatan ini yaitu esai. Esai sendiri merupakan sebuah tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya.
Sebuah esai dasar bisa dibagi menjadi tiga bagian yaitu:
  • Pertama, pendahuluan yang berisi latar belakang informasi yang mengidentifikasi subyek bahasan dan pengantar tentang subyek yang akan dinilai oleh si penulis tersebut.
  • Kedua, tubuh esai yang menyajikan seluruh informasi tentang subyek.
  • Ketiga, adalah bagian akhir yang memberikan kesimpulan.

Pembahasan tersebut di atas merupakan bahasan dari kegiatan “Goresan Pena Limlarts” secara keseluruhan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Selain itu juga semoga dapat menumbuhkan dan mengembangkan semangat menulis bagi kita sehingga dapat menjadikan kita sebagai mahasiswa yang aktif, kreatif, dan cendekia

Comments

Popular posts from this blog

ESSAI : Krisis Moral :Dunia Pendidikan sebagai Ujung Tombak Character Building dalam Menemukan Jati Diri Bangsa

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA POSTER ILMIAH NASIONAL #3 2019

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA POSTER ILMIAH NASIONAL #4 2020 (DARING)